Tips mengatasi error message Server Internal Error saat Unbind Cloud dengan SADP Tool

Dalam melakukan Unbind Cloud terkadang tidak selalu berhasil dengan mulus dan lancar. Ada saja permasalahan yang muncul ditandai dengan pesan kesalahan yang menuntut pengguna untuk mencari solusi mengatasinya agar proses Unbind Cloud dapat terus berlanjut hingga berhasil. Seperti yang kali ini terjadi pada proses Unbind Cloud yang menuntut perhatian khusus dan solusi agar prosesnya dapat terus berlanjut dengan keberhasilan.

Pada Unbind proses tersebut, langkah yang telah dilakukan adalah :
- Recorder sudah terdeteksi pada SADP Tool.
- Username dan Password telah terisi dengan benar
- Captcha verivication code juga telah terisi dengan benar
Namun setelah pengguna menekan tombol confirm keluar error message : “Server Internal Error” dan proses unbind pun terhambat. Tampilan error message nya tampak seperti screenshot berikut ini:

Nah coba kita teliti apa yang salah dengan tampilan di atas. Jika pembaca sering dan terbiasa melakukan unbind cloud dengan SADP Tool maka akan dengan mudah akan menemukan keanehan pada tampilan screenshot di atas.  Mungkin sebagian dari pembaca dapat menebak dengan tepat bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi mirip dengan SADP Tool, namun bukan SADP Tool. Jika demikian tebakan pembaca maka hal tersebut benar. Perlu diketahui aplikasi tersebut sangat mirip dengan SADP Tool. Namun ada sedikit perbedaan yang penulis dapati pada saat melakukan unbind cloud yang akan di jelaskan kemudian dalam tulisan ini.

Sebelum lebih jauh, kita kembali dulu pada artikel penulis yang berjudul Hikvision Reset cloud / unbind cloud / reset P2P / unbind P2P / reset platform access / unbind platform access dengan SADP Tool. Artikel tersebut adalah tutorial mengenai langkah - langkah melakukan unbind cloud dengan menggunakan SADP Tool. Nah pada artikel tersebut penulis telah mengambil screenshot tepat pada saat sebelum tombol Confirm di klik. Mari kita bandingkan kedua screenshot tersebut dan penulis akan tunjukkan perbedaannya dengan screenshot di atas:

Aplikasi mirip SADP Tool Aplikasi SADP Tool

Seperti terlihat pada tampilan di atas, pada aplikasi yang mirip dengan SADP Tool tertera caption Unbind Guarding Viewer Account sedangkan pada SADP Tool tertera caption Unbind Hik-Connect Account. Ini adalah perbedaan fisik yang penulis temukan.

Dugaan penulis, ketika pengguna melakukan unbind dengan menggunakan tools yang mirip SADP Tool ini ada kemungkinan server yag digunakan untuk melakukan verifikasi berbeda dengan server yang digunakan akun Hik-Connect. Dengan demikian maka muncullah Server Internal Error karena akun yang akan di verifikasi adalah akun Hik-Connect sementara server yang digunakan untuk verivikasi bukanlah server Hik-Connect.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah unnstall aplikasi yang mirip dengan SADP Tool ini, kemudian download-lah aplikasi SADP Tool dari situs resmi Hikvision. Pengalaman penulis, setelah melakukan unbind menggunakan aplikasi SADP Tool yang di download dan di install dari situs resmi Hikvision, proses ini berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan.  Link situs resmi Hikvision untuk download SADP Tool ada di artikel yang berjudul Hikvision Reset cloud / unbind cloud / reset P2P / unbind P2P / reset platform access / unbind platform access dengan SADP Tool.

Sampai disini saja tulisan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu memberikan solusi kepada para pembaca sekalian yang kebetulan mengalami masalah yang sama.

Comments