Ketika mirroring recorder menyebabkan Hik Connect mengeluarkan error message Video playing failed. Error Code: (246106)

Pada tulisan sebelumnya, yang berjudul Tips mengatasi error message Video playing failed. Error Code: (246106) pada Hik Connect, telah d bahas mengenai penyebab dan cara mengatasi Hik Connect mengeluarkan Error code 246106.Nah beberapa waktu lalu penulis alami Hik Connect mengeluarkan pesan kesalahan yang sama, seperti screenshot berikut:


Akan tetapi ciri cirinya sedikit  berbeda dan terjadi pada DVR. Berikut adalah ciri ciri yang terlihat pada saat pesan ini muncul sebagai berikut:
1. Pada GUI DVR ketika di cek status nya online.
2. Koneksi internet tampak berjalan lancar terbukti dengan (baca syarat berikutnya).
3. Proses adding DVR dari hikconnect (pakai koneksi internet dari ponsel) dengan scan cara ponsel melakukan barcode dari monitor terhubung NVR (pakai koneksi internet berbeda dari ponsel) sukses. Ciri ini menandakan DVR dan ponsel dalam kondisi online dengan ISP masing masing.
4. Liveview all channel dari DVR statusnya normal (disini letak bedanya dengan pembahasan pada artikel sebelumya).

Ciri ini muncul ketika dilakukan mirroring liveview antar DVR, berikut adalah topologinya:


Seperti yang terlihat pada topologi di atas DVR 1 terhubung ke kamera analog dan ke switch. Switch kemudian terhubung masing masing ke:
1. Router untuk koneksi internet yang dapat di akses via smartphone dengan Hik Connect
2. DVR 2 yang melakukan mirror liveview semua kamera analog yang terhubung pada DVR 1.

Pada kondisi topologi seperti ini live view lokal pada kedua DVR berjalan normal, namun permasalahan muncul ketika smartphone yang menjalankan aplikasi Hik Connect digunakan untuk melakukan live view maka akan muncul pesan kesalahan Video playing failed. Error Code: (246106) pada Hik Connect.

Ada 2 alternatif untuk mengatasi masalah ini:
1. Jika ada kebutuhan untuk melakukan mirroring maka perlu dicarikan semua perangkat yang cocok untuk melakukan kebutuhan tersebut, dalam arti perangkat yang digunakan saat ini tidak sesuai untuk solusi mirroring.
2. Jika tidak ada kebutuhan mirroring maka DVR 2 dan monitor 2 dapat dikeluarkan dari topologi jaringan sehingga live view pada smartphone yang menjalankan Hik Connect dapat berjalan normal.

Berikut adalah topologi setelah DVR2 dan monitor 2 di keluarkan dari topologi dan live view pada smartphone yang menjalankan Hik Connect berjalan normal kembali:


Jadi demikianlah pembahasan kali ini, semoga tulisan singkat kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Comments