Pernah suatu kali penulis mendapatkan pertanyaan mengenai cara mengatasi
no resource pada saat NVR nelakukan liveview beberapa channel, Namun
apabila liveview dilakukan satu per satu setiap channel maka hal ini
tidak terjadi, pesan kesalahan / error message tersebut tidak muncul.
Nah pada tulisan kali ini penulis akan coba bahas mengenai solusi untuk
hal ini. tampilan error message / pesan kesalahannya tampak seperti
screenshot berikut ini:
A. Solusi bagi yang sudah membeli NVR dan IPCam Hikvision.
Ketika berhadapan dengan pertanyaan ini umumnya NVR dan IP Kamera sudah
dibeli. Ada 2 solusi untuk kondisi semacam ini, tawarkan kembali ke
pengguna / user, apakah memilih solusi economic atau solusi powerful. Masihg masih ada kelebihan dan kelemahannya dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna / user.
A1. Solusi economic.
Solusi economic cocok untuk pengguna / user dengan budget terbatas. Jadi bisa dibilang ini adalah solusi tanpa biaya budget pembelian produk lagi. Kelemahan solusi ini adalah resolusi yang didapat akan lebih rendah dari resolusi kamera yang seharusnya.
Solusi ini dapat ditempuh dengan cara menurunkan resolusi kamera hingga
sesuai dengan decoding capability NVR. Untuk menurunkan resolusi
pengguna dapat meggunakan interface NVR ataupun dari webmin kamera. Pada
contoh kali ini penulis akan menggunakan webmin kamera. Langkah
langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Gunakan web browser Internet Explorer login menggunakan IP address dari kamera IP. Setelah berhasil login kemudian
2. Masuk ke menu Configuration – Advanced Configuration – Video / Audio.
3. Kemudian pilih tab Video.
4. Pilihlah main stream atau substream disesuaikan dengan kebutuhan, kemudian turunkan resolusi nya sesuai k.emampuan recorder.
5. Tekan tombol save untuk simpan perubahan.
Panduan berupa gambar screenshot langkah langkah diatas dapat dilihat
pada bagian bawah tulisan ini. Lakukan 5 langkah di atas pada setiap
kamera yang mengalami pesan kesalahan seperti yang telah di jelaskan di
atas.
A2. Solusi powerful
Solusi ini walaupun adalah solusi powerful namun tidak selalu sesuai
dengan kebutuhan pengguna / user, terutapa bagi pengguna / user yang
tidak ingin mengeluarkan budged lebih untuk pembelian produk. Solusi
powerful hanya cocok bagi pengguna yang menginginkan performa yang bagus untuk setiap channel saat dilakukan liveview maupun recording. Solusi ini dapat ditempuh dengan cara mengganti recorder dengan memiliki kemampuan decoding capability yang lebih tinggi / atau lebih baik. Sebagai contoh perhatikan potongan screenshoot datasheet berikut ini:
B. Cara menghindari masalah ini bagi yang baru akan membeli IPCam dan NVR Hikvision.
Untuk menghindari pesan kesalahan di atas munul di kemudian hari,
sebelum melakukan pembelian IPCam dan NVR, apabila anda adalah reseller
tanyakan kepada penguna / user berapa channel yang harus tampil sekaligus pada resolusi kamera yang sebenarnya. Fitur ini dikenal dengan nama decoding capability yang umumnya terdapat pada datasheet NVR. Makin tinggi kemampuan ini tentunya akan makin mahal pula NVR nya.
Misalnya sesuai dengan kebutuhan pengguna / user dibutuhkan 4 channel
tampil sekaligus bersamaan pada resolusi kamera 1080p, maka sebaiknya
semua channel menggunakan kamera 1080p supaya ketika 4 channel tampil
sesuai dengan resolusi pada kamera pesan kesalahan tersebut tidak
muncul.
Nah bagaimana jika kebetulan NVR support resolusi 8MP dan ada 1 channel
yang resolusi kameranya 8MP. Dalam hal ini maka hanya 1 channel yang
beresolusi 8MP tersebut boleh tampil pada satu waktu. Jika katakanlah
kamera beresolusi 8MP tersebut tampil bersamaan dengan kamera 1080p maka
pesan kesalahan tersebut dipastikan akan muncul karena sudah melampaui
kemampuan decoding NVR.
Demikianlah penjelasan kali ini semoga dapat membantu para pembaca
sekalian dalam mengatasi pesan kesalahan No Resource pada NVR.
Comments
Post a Comment