Pengaturan dan Penjelasan Parameter Fitur Defog pada kamera PTZ Hikvision

 Salah satu fitur unggulan kamera PTZ hikvision adalah Defog. Fitur ini memungkinkan untuk menghasilkan gambar yang jelas dalam lingkungan yang berkabut. Umumnya fitur ini diaktifkan pada lingkungan yang berkabut agar video yang dihasilkan dapat menampilkan situasi lingkungan yang jelas untuk keperluan pemantauan.

Sebagai catatan, tidak semua kamera PTZ memiliki fitur ini. Periksalah datasheet produk jual apakah ada fitur ini tercantum didalamnya. Artikel kali ini akan menunjukkan langkah-langkah untuk mengaktifkan pengaturan defog serta penjelasan parameter pada pengaturan tersebut. Berikut adalah langkah langkahnya:

1. Login ke webmin kamera PTZ dengan web browser yang didukung produk jual. Kemudian masuk ke menu Configuration – Image – Display Setting kemudian klik pada Image Enhancement seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini:



2. Setelah Image Enhancement diklik maka akan ditampilkan beberapa parameter. Temukan parameter Defog Mode. Opsi default untuk parameter ini adalah OFF. Kita perlu mengaktifkan parameter ini agar fitur defog dapat bekerja.



3. Untuk mengaktifkan fitur defog ada 2 opsi parameter yangdapat dipilih yaitu Auto atau ON.
Opsi Auto berfungsi untuk melakukan pengaturan secara otomatis sesuai dengan liveview yang dihadapi kamera secara realtime.
Opsi ON bekerja tergantung pada nilai parameter Defog Level yang dijelaskan pada langkah selanjutnya. Parameter Defog Level baru akan muncul setelah opsi ON dipilih.



4. Setelah opsi ON dipilih maka selanjutnya akan ditampilkan parameter Defog Level.
Jika nilai Defog Level diatur lebih kecil dari 80, maka akan diaktifkan electronic fog mode, hasilnya video akan tampak berwarna.
Jika nilai Defog Level diatur menjadi 80 atau lebih besar, maka akan diaktifkan optical fog mode, hasilnya video akan tampak hitam putih.




Berikut ini adalah perbedaan antara fitur defog yang diaktifkan dan yang tidak diaktifkan:



Demikianlah penjelasan parameter defog serta langkah langkah pengaturan untuk mengaktifkannya. Dengan adanya tulisan ini diharapkan para pembaca sekalian dapat melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan di lokasi instalasi.

Comments